Setelah menyelesaikan perencanaan dan persiapan matang niat untuk memelihara suasana yang terbuka, Karang Taruna sukabumi Utara akan memulai diskusi tersebut.
Dalam melaksanakan tugas sebagi pemimpin diskusi berbagai keterampilan yang harus di miliki oleh anggota Karang Taruna Sukabumi Utara yaitu :
Pemusatan perhatian
Memperjelas masalah
Menganalisa pandangan peserta
Meningkatkan urunan peserta
Membuka kesempatan berpartisipasi serta
Menutup diskusi
Pemusatan perhatian
Karang Taruna harus selalu berusaha memusatkan perhatian peserta pada tujuan topik diskusi ini berarti Karang Taruna harus menjaga agar tidak terjadi penyimpangan penyimpangan yang menyebabkan diskusi tidak tercapai. Tidak tercapainya tujuan dapat disebabkan oleh penyimpangan dari topik atau terjadi pembicaraan yang bertele-tele.
Pemusatan perhatian ini dapat dilakukan dengan :
Merumuskan tujuan pada awal diskusi serta membagi topik /masalah dalam bentuk pertanyaan yang menggugah rasa ingin tahu.
Pertanyaan yang dimaksud hendaknya tidak terlampau luas, jelas serta memnungkinkan adanya alternatif jawaban.
Mengarahkan masalah masalah khusus dan mengarahkan kembali bila terjadi penyimpangan penyimpangan.
Menandai dengan cermat perubahan perubahan yang tidak sesuai yang menyimpang diskusi dari tujuan nya atau masalah khusus yang sedang dibicarakan. Apabila hal ini terjadi. Karang Taruna segara mengajukan pertanyaan pertanyaan yang di dahului dengan komentar yang memaksa dan mengarahkan peserta untuk mempertimbangkan pertanyaannya tersebut hingga diskusi kembali kearah semula. Karang Taruna hendaknya hati hati menunjuk dan menghentikan penyimpangan tersebut agar jangan menyinggung perasaan peserta.
Merangkum hasil pembicaran pada tahap tahap tertentu, sebelum melanjutkan dengan masalah berikutnya. Ini penting agar kelompok menyadari hasil yang telah dicapai, target yang belum dicapai, serta apa yang harus dibicarakan berikutnya. Rangkuman ini dibuat dengan manfaat gagasan siswa misalnya:
Menghargai gagasan peserta dengan jalan mengulang bagian penting yang diucapkan .
Mengarahkan gagasan tersebut dengan cara menguraikan kembali.
Menggunakan gagasan peserta untuk mencapai kesimpulan atau menuju langkah berikutnya.
Membandingkan gagasan peserta dengan gagasan yang telah di ucapkan sebelumnya. Tetapi tak meremehkan siapapun.
Merangkum hal hal yang telah diuraikan peserta secara perseorang ataupun kelompok.
Menerima gagasan peserta dengan cara cara diatas memberikan pengaruh yang lebih berhasil dari pada hanya sekedar menyatakan baik atau bagus.
Memperjelas masalah
Memperjelas masalah ide atau gagasan dapat dilakukan dengan cara
Mengurai kembali atau merngkum urunan/ide tersebut hingga menjadi jelas
Meminta komentar peserta denan membarikan keterangan tambahan atau contoh-contoh yang tepat hingga kelompok memperoleh pengertian lebih jelas
Menganalisa pandangan peserta
Didalam suatu diskusi sering terjadi perbedaaan pendapat diantara anggota Karang Taruna agar perbedaan pendapat ini dapat membimbing untuk terlibat secara aktif dengan jalinan pikiran yang baik sehingga dapat melihat alasan perbedaan yang ada misalnya dengan :
Meneliti apakah alasan tersebut memang mempunyai dasar yang kuat
Meperjelas hal hal yang disepakati dan yang tidak disepakati.
Meningkatkan peran serta peserta
Berbagai cara dapat dilakukan untuk meningkatkan urunan/ide pikiran ini diantarannya
Mengajukan pertanyaan pertannyaan kunci yang menantang peserta untuk berfikir
Memberikan contoh baik langsung maupun tidak langsung yang sesuai dan tepat, misalnya satu ceritam tabel, gambar, dan sebagainya.
Memberikan waktu yang cukup untuk berfikir tanpa digangu dengan komentar komentar
Tidak mencala urunan/ide peserta
Memberikan dukungan terhadap peserta dengan jalan mendengarkan penuh perhatian, memberikan komentar atau mimik yang memberikan dorongan serta sikap yang bersahabt
Menunjukan peserta yang kurang bicara untuk mengutarakan pendapatnya.
Menumbuhkan kesempatan berpartisipasi
Dapat dilakukan dengan
Mencoba memancing urunan/ide peserta yang enggan berpartisipasi dengan mengarahkan langsung secara bijak kepada peserta
Mencegah terjadinya pembicaraan yang sertntak dengan memberikan giliran
Mencegah secara bijaksana peserta yang memonopoli pembicaraan
Meminta persetujuan peserta untuk melanjutklan diskusi dengan mengambil salah satu pendapat atau jalan tengah yang dianggap sesuai
Menutup diskusi
Keterampilan terakhir adalah menutup diskusi hal yang dapat dilakukan dengan cara
Membuat rangkuman hasil diskusi dengan bantuan para peserta
Memberikan bayangan tentang tindak lanjut hasil diskusi ataupun tentang topik diskusi.
Mengajak peserta menilai proses maupun hasil diskusi yang telah dicapai dengan cara pengamatan, wawancaram dan sebagainya hasi l penilaian ini memungkinkan peserta menyadari serta menilai peran dan penampilan dalam diskusi.
Apa iya bro kaya gitu..
BalasHapusyang namanya diskusi cuma omdo
Hapus