Karang taruna

Selamat Datang Di Halaman Karang Taruna Sukabumi Utara

DISKUSI KARANG TARUNA SUKABUMI UTARA

DISKUSI KARANG TARUNA SUKABUMI UTARA

DISKUSI KARANG TARUNA SUKABUMI UTARA

DISKUSI KARANG TARUNA   SUKABUMI UTARA

Diskusi adalah kegiatan bertukar pikiran untuk mendapatkan kesempatan tentang hal-hal yang dilakukan oleh beberapa orang baik dalam lapangan politik, pendidikan,sosial,kebudayaan, apaliagi oleh Karang Taruna Sukabumi Utara. Dengan demikian diskusi selalu terjadi dalam kelompok besar maupun kecil. Tetapi perlu di ingat tidak semua percakapan dalam kelompok dapat dinamakan diskusi, bila memenuhi syarat syarat tertentu antaranya :

  1. Adanya kelompok yang besarnya lebih kurang antara 3 sampai 10 orang
  2. Berlangsung secara tatap muka yang berarti semua anggota kelompok harus mendapat kesempatan melihat mendengar serta berbicara secara bebas langsung tetapi bertanggung jawab
  3. Mempunyai tujuan yang dicapai dengan kerja sama antar anggota kelompok
  4. Berlangsung menurut proses yang teratur dan terarah, menuju suatu kesimpulan.

Dari syarat syarat tersebut dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan diskusi kelompok  adalah satu kegiatan yang teratur melibatkan sekelompok orang dalam proses tetap muka dengan tujuan berbagai pengalaman atau informasi, mengambil keputusan atau memecahkan suatu masalah. Sehingga diperoleh suatu kesempatan yang disepakati bersama.
Pengertian diskusi kelompok dalam kegiatan karang taruna tidak jauh berbeda dengan pengertian diatas. Karang Taruna Sukabumi Utara berdiskusi didalam kelompok. Dibawah pimpinan ketua sebagai pemimpin di organisasi, memecahkan masalah atau mengambil suatu keputusan . diskusi tersebut berlangsung dalam suasana terbuka, yang berarti setiap Pemuda Karang taruna bebas mengemukakan idea ideanya serta bertanggung jawab tanpa merasa ada tekanan dari temannya.
Dasar pemikiran
Musyawarah dan mufakat merupakan salah satu ciri khas kehidupan bangsa. Ini terlihat pada pancasila. Keputusan keputusan dilahirkan melalui proses pertukaran pikiran , yang akhirrnya sampai kepada kemufakatan anggorta anggota pemngambul keputusan bagi setuiap  Karang Taruna Sukabumi Utara dengan dimikikinya keterampilan tersebut setiap anggota karang taruna akan mampu ikut serta dalam urun pendapat pengambilan keputusan. Keterampilan diskusi tidak lah dibawa sejak lahir, karena itu perlu dilatih.
Diskusi kelompok merupakan salah satu strategi yang memungkinkan Karang Taruna Sukabumi Utara menguasai suatu konsep atau memecahkan suatu masalah melalui suatu proses yang akan memberi kesempatan untuk berfikir, berinteraksi sosial, serta berlatih bersikap positif. Dengan demikian diskusi kelompok dapat meningkatkan kreatifitas anggota karang taruna serta membina kemampuan berkomunikasi termasuk didalamnya keterampilan berbahasa dan berbicara secara sistimatis.
Dari uraian diatas dapat dipahami bahwa teknik diskusi merupakan suatu keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap Karang Taruna Sukabumi Utara. Sebagaimana telah diungkapkan.
Manfaat Diskusi
Diskusi kelompok merupakan suatu pengalaman yang dapat diterapkan hampir dalam semua bidang kehidupan, dalam batas batas tertentu. Pengalaman berdiskusi kelompok memberikan keuntungan bagi para anggota karang taruna. Dapat berbagi informasi tentang gagasan baru atau memecahkan masalah , dapat meningkatkan pemahaman atas masalah masalah penting dapat mengembangkan kamampuan untuk berfikir dan berkomunikasi dapat menahan diri untuk tidak menang sendiri dapat menghargai pendapat orang lain serta dapat meningkatkan ketertiban dalam perenvcanaan dan pengambil keputusan. Disamping itu melalui diskusi dapat dibina semangat kerja sama yang sehat .
Semua ini merupakan persiapan bagi para Karang Taruna Sukabumi Utara.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar